Hadirnya seorang anak sejak ia ada di dalam rahim hingga akhirnya saat ia akan lahir memang pengalaman yang ga akan ada habisnya untuk diceritakan.

Kali ini aku akan share cerita dan pengalaman aku melewati masa hamil hingga melahirkan anak pertamaku, hope it helpfull for another mom to be and hope you enjoy it!

First to knew that i was pregnant was an amazing feeling. Knowing that a heart beats inside of me, was trully unbelieveable. walaupun udah tau sedikit ilmu tentang ibu hamil dan menyusui saat kuliah, namun merasakan sendiri kehamilan adalah hal yang berbeda. Saat tau hamil bener-bener selektif untuk memilih makanan, memilih tontonan, semuanya serba dipilih.

Trimester pertama, kehamilan aku termasuk yang lumayan membuat aku bingung, rasa mual dan selalu ingin muntah di tiga bulan pertama, ditambah dengan pemicu dari hidung yang lebih sensitif 100% dibanding sebelumnya, jadi kalau cium bau apa aja bisa jadi mual, mungkin bagi orang biasa sih ga terlalu menyengat, tapi kalau orang hamil itu nyium bau nya bisa 100x lipat. tapi dibalik itu ya dini'matin aja dan disiasati, selalu bawa jeruk kemana-mana, beneran kupas kulit jeruk terus dideketin di hidung supaya tetep nyium yang seger, ga jadi mual karena bau dari sekitar.

Satu lagi yang paling unik saat hamil adalah keinginan untuk tiba-tiba makan atau minum sesuatu yang ga biasa, atau sesuatu yang dilihat, most common people called it "ngidam". jadi ya pas kemarin itu aku tu suka iseng liat-liat instagram masak-masakan atau foto makanan, alhasil jadinya malah pengen makanan itu, terus kalau ga dimakan saat itu rasanya uring-uringan, bete, ga jelas lah pokoknya. ngeliat orang lain makan sesuatu atau minum sesuatu juga jadi ikutan pengen juga. ternyata gini ya rasanya ngidam. lucu juga, ribet juga, seneng juga, macem-macem deh rasanya.

Yang paling bikin deg-degan pada trimester ini adalah kejadian Gampa Bumi saat lagi kerja dikantor!! waktu itu bulan Januari 2018 di Bogor khususnya Cibinong terasa Gempa Bumi diatas 5SR.
lalu gimana aku saat itu?
tentu aja panik, apalagi di lantai 5 tempat aku kerja itu gempa terasa bangeettt!!
deg-degan, hampir susah nafas rasanya. Saat kejadian gempa tuh langsung buru-buru bawa hape doang, cus ke lobi lantai 5, udah pada rame di loby trus dari operator telepon ada aba-aba untuk turun ke lantai 1, tapi ga boleh pake lift. Ya Allah itu rasanya udah campur aduk, takut juga, ngeri juga, deg-deg an parah!
sampe lantai 1 ke tempat kumpul dan coba tenang sambil terus atur nafas. coba kontak ortu dan suami, alhamdulillah semua baik-baik dilokasi masing-masing.
sambil nunggu aba-aba selanjutnya semua orang sepertinya nunggu di lantai 1, semua pasien di evakuasi, alhamdulillah setelah ada instruksi bahwa udah aman, akhirnya bisa balik lagi kekantor dilantai 5. hikss masih ketakutan Ya Allah...
karena tau aku hamil, temen-temen aku nyaranin naik lift aja, muka masih pucet takut gitu. ya sih ga mungkin kuat juga naik tangga lagi, berbekal bissmillah akhirnya naik lift bareng sama temenku dan pasien yang pake bed.
Alhamdulillah sampe di kantor semua udah aman dan kembali kerja walau sisa waktu tinggal 1 jam ajah. duduk-duduk ajalah, tenangin diri.

Trimester kedua dimulai dengan celana mulai ga muat, baju ga muat dan akhirnya udah mulai pakai baju seragam hamil. untuk pergi jalan juga baju udah mulai ngepas-ngepas ga muat. sempetin deh tuh belanja celana hamil buat kerja dan buat pergi-pergi. kalau baju sih pakai punya mamah aja, karena emang blus-blusnya ukuran lebih besar.

saat trimester kedua itu mulai harus sering-sering makan, waktu kerja tiba-tiba pusing trus kliyengan, telepon ke bidan katanya itu normal, mungkin karena kurang makan aja, sering-sering ngemil aja deh. lalu saat kontrol ke dokter kandungan cerita dong ke beliau. "dok, saya kemarin-kemarin kok pusing banget, goyang-goyang kayak mau pingsan, saya kira gempa lagi dok! udah takut aja nih" dokternya ketawa ngakak ._.
tuh kan aku tu malah diketawain, lalu dibilangin katanya harus sering-sering ngemil, tiap dua jam, supaya ga pusing. baiklaahh dok, laksanakan tugas. makan itu enak, favorit banget, ahahaha..

Lalu di trimester ini udah bisa rasain gerakan si baby K, harusnya sih udah dari usia 3 bulan katanya, cuman akutu baru rasain pas udah 4 bulan keatas, karena katanya kulit perutku tebel. >_>
baiklah, tapi katanya dokter sih itu normal aja, ada beberapa ibu emang begitu, nanti semakin besar akan makin terasa gerakannya.

Trimester ketiga udah mulai berat kemana-mana, dan saat udah bulan ke 8 diminta untuk jaga makanan atau diet! karena takut baby K kegedean dan ga bisa lahiran normal. honestly aku tu saat itu harap-harap cemas, gimana ya rasanya melahirkan, apa aja nih yang harus disiapkan, trus nanti aku harus gimana pas saatnya tiba?
akhirnya berbekal info dari instagram, dapet tuh namanya ig @bidankita yang ngasih info banyak banget soal kehamilan dan melahirkan. Sebenernya sih sudah siapin bukunya Bidan Yesi sejak udah tau hamil, udah mulai baca-baca bukunya, baca websitenya, trus akhirnya siapin apa aja yang dibutuhkan saat nanti melahirkan.

Buat aku, melahirkan baby itu kayak fase baru dalam hidup, fase yang harus dilalui dengan kebahagiaan, kegembiraan, walau aslinya sih lumayan deg-degan parah dan sangat galau. tapi semua balik lagi ke keikhlasan hati, pikiran yang selalu positif, selalu mencoba membuat pikiran tenang, banyak-banyak latihan nafas, ya seperti yang diinfokan dari website nya @bidankita
Lalu aku juga print semua info yang berkaitan dengan melahirkan. buat dibawa dirumah dan pastiin aku bisa lebih tenang dengan semua info itu.

So, buat mommy to be, bisa dapet info berharga dan jelas banget di ig @bidankita atau ke websitenya di http://www.bidankita.com/

Aku tu ga endorse sih, cuman pengen banyak calon ibu yang bisa dapet info yang banyak soal kehamilan dan melahirkan dengan nyaman dan bahagia, jadi ga pakai jenggut / jambak / atau pukul2 suami atau siapa yang ada disamping kita saat nanti gelombang bahagia datang.

Alhamdulillah saat gelombang itu datang aku mulai merasakan, kayak ada feeling gitu, ini rasanya bentar lagi melahirkan. Aku yang karyawan RS, maunya sih proses melahirkan di RS tempat kerja aja, in case something not good happen, i know the people that taking care of me. Aku juga maunya inshallah kuat untuk lahiran normal, mulai dari niat sampai cari dokter yang mendukung 100% untuk lahiran normal. And i got in here.
Dokter yang mendukung lahiran normal itu menurut aku agak susah ya carinya, karena kan ya, udah banyak banget kayak tren gitu lahiran melalui operasi cesar. lalu dokter yang dukung normal itu dia akan kasih tau kita untuk jaga makanan supaya baby ga terlalu besar dikandungan, hal ini juga mendukung proses melahirkan nanti. Selain itu, saat senam hamil juga bidan disini cerita, kalau dia tau badannya kecil, pinggul juga kecil, jadi untuk lahiran normal maka diupayakan berat bayi juga jangan terlalu besar. Jadi menurut aku, dukungan dan saran saat kita hamil menentukan juga proses kita melahirkan nanti.
Jadi buat kalian mom to be yang siap-siap mau melahirkan, banyak-banyak cari info provider / tenaga kesehatan yang kalian sreg.

and now she is turning 7 month


Nah saat udah mulai mau lahiran aku juga mulai follow akun instagram yang kasih info tentang parenting / motherhood seperti @ibupedia_id @komunitas_parenting @parentalk.id dan kalian bisa cari-cari lagi di ig yang banyak. infonya sangat membantu banget buat mom to be. harusnya sih sejak hamil ya udah mulai follow, jadi bisa prepare lebih baik, cuss ya gengs di follow aja.

Lalu untuk yg mau pompa semangat dan info-info tentang ASI bisa follow akun instagram-nya ibu satu ini @rennatapranata. dari akun ig-nya beliau lah aku tu jadi makin semangat buat pompa ASI untuk Baby K. yang tadinya udah mulai kendor semangat pompa, yang tadinya udah bingung mesti gimana, akhirnya dapet semangat baru untuk pompa ASI. Banyak banget info tentang ASI di instagram-nya, mulai dari cara perah asi, isi kandungan asi,  cara penyimpanan, cara bawanya, dll deh. cuss langsung aja follow ig-nya ya gaes..

And here we are in the end of the stories.. see you next time guys.. on another stories!
:)






0 Komentar