Hai semuaaa.. Sudah lama juga nih ga nulis disini. Kali ini saya mau share tentang pengalaman cabut gigi yang kelihatannya perkara kecil tapi kalau dibiarkan lama-lama jadi ga enak juga.
Awalnya sih saat dulu sebelum nikah kira-kira sekitar tahun 2013 / 2014 gitu, saya pernah ke dokter gigi untuk cek gigi geraham bawah kanan yang sudah pernah ditambal sejak jaman kuliah, saat itu diminta untuk foto rongent Panoramic gigi. Nah kelihatan tuh disitu gigi bungsu udah mulai menampakkan diri, tapi belum berpengaruh signifikan sih. Jadi ya udah nanti aja kali ya. Lalu yg diurus saat itu hanya gigi yang ditambal aja. Sekalian cek-cek gigi lainnya, eh ternyata geraham kiri bawah juga mulai bolong. Jadilah di tambal juga. Okelah untuk saat itu keadaan aman terkendali.

Gangguan muncul saat hamil (2018 awal), sepertinya kalsium banyak yang keambil sama baby, jd gusi berdarah tiap gosok gigi, rutinitas gosok gigi jd perlahan banget. Lalu muncul gejala berikutnya saat menyusui, baby baru usia 4 bulan (des 2018), gigi mulai cenut-cenut. Ga tahan juga akhirnya balik ke dokter gigi yg dulu tau riwayatkuh. Jadi saat itu diminta rongent Panoramic gigi again, nah terlihat banget deh si bungsu pengen exist. Mulai bikin senewen, makan ga enak, bobo juga ga enak. Akhirnya memutuskan cukup minum obat dl aja karena masih menyusui pengennya asi exclusive.


Kemudian 6 bulan berikutnya muncullah si bungsu yang tak tertahankan. Dia jadi highlight di ultah saya tahun ini.
foto credit : winnetnews.com


Sakit nyeri, pusing, sampe nungging-nungging, udah puncaknya banget deh. Balik lagi ke dokter gigi, dikasih obat buat seminggu dan katanya sangat disarankan banget untuk cabut gigi bungsunya. Tanya sana-sini akhirnya ku memutuskan untuk pakai bpjs kesehatan, emang sih ribet dan lama prosesnya (total nunggu waktu operasi sekitar 3 minggu).
Bermula pindah klinik dulu nih, cari referensi katanya klinik mahasta di jalan nurdin bisa bersahabat nih minta rujukan, oke mulai ke klinik ini dulu deh, ketemu dokter giginya yg dijadwalnya stand by tiap Senin-jumat jam 17.30 (cie promo :D). Konsul deh sama dokter giginya, bilang terus terang kalau kerja di RS dan minta rujukan ke dokter gigi spesialis bedah mulut di tempat kerja sendiri, alhamdulillah di-acc sm dokternya. Langsung deh buru-buru booking ke dokter bedah mulutnya.
Namun, ternyata oh ternyata dokter bedah mulut nya lagi cuti, baru bisa ada praktek minggu berikutnya, baiklah bersabar dan bermodalkan obat yg masih ada aja.




Tibalah saat konsul dengan dokter gigi bedah mulut, cerita semuanya deh, lalu karena proses bpjs kesehatan akhirnya mesti foto rongent Panoramic dulu buat liat keadaan bungsu yang terupdate. Alhamdulillah ternyata Panoramic dan obat saat konsul ini juga di cover sm bpjs kesehatan.
Minggu berikutnya konsul lagi ke dokter gigi spesialis bedah mulut, lihat hasil update si bungsu, dan tiba-tiba jeng jeng jeeeeennggg gusi kiri bengkak, pantas aja rasanya ga enak nih pipi, belum lagi berdarah saat gosok gigi.
Berita buruknya, gusi yang bengkak bukan tempat dimana si bungsu berada, tapi gusi dimana geraham yang udah ditambal. Setelah dilihat dari hasil foto, syaraf dan akar geraham yg bolong jg udah ga bagus, solusinya adalah di cabut juga. Jadi total cabut gigi nya DUA! Huaaaaa syok akutu, cedih jdnya, masa geraham ikutan ompong jg yg kiri.
Solusi kedua ga dicabut tapi diobati aja, tapi harus konsul ke dokter gigi spesialis konservasi gigi which is ga bisa sekali datang aja. Harus diselesaikan sampai tuntas (bisa 5-6x) dan tentunya itu ga dicover bpjs kesehatan. Hadehh gimana iniiii..

Setelah mikir berulang kali. Ya sudah diputuskan dicabut juga si geraham. Katanya dokter bisa dilakukan sekali tindakan bareng si bungsu saat operasi. Wait. OPERASI dibius total dan di kamar operasi! Apaahh?! Muka langsung ga santai, langsung ketakutan saat dibilang dikamar operasi. Mikir lagi, mikir terus, yaahhh mau gimana lagi, kalau mau pakai bpjs kesehatan memang seperti itu alurnya. Langsung cerita suami sm mamah, ini inshallah udah jalan terbaik.
Mulai mantapkan hati untuk kuat masuk kamar operasi.
Untuk menghilangkan bengkak di gusi dan menjaga supaya ga tambah parah dikash resep obat juga dari konsul kedua ini dan alhamdulillah dicover juga sama bpjs kesehatan.

Minggu berikutnya saya dijadwalkan untuk cek darah, foto rongent thorax, rekam jantung lalu juga konsul ke dokter spesialis penyakit dalam. Ga lupa juga harus konsul ke dokter spesialis anestesi. Semua diselesaikan dalam satu minggu itu dan semuanya di cover bpjs kesehatan, alhamdulillah, dari saat cek segala macem sampe konsul juga semua dibantu temen-temen dari pendaftaran.


Minggu berikutnya tgl 03 oktober 2019, tibalah saat menegangkan, pertama kali jadi pasien masuk ke kamar operasi. Dibius total. Oke sy ceritain rinciannya ya...
Jadi tgl 30 sept ditelepon sama admin pendaftaran rawat inap, katanya dijadwalkan operasi tgl 10 oktober trus saya mikir nih. Takutnya nanti bengkak lagi dan skrg jg rasanya udah kurang nyaman mau makan, supaya tidur jg agak enakan jd deh minta maju tanggal operasinya, di acc sm dokter bedah mulutnya. Diinfokan kalau 6 jam sebelum operasi saya harus puasa, makan dan minum. Jd makan dan minum terakhir sebelum operasi itu jam 02.00. Pagi-pagi sebelum subuh udh kebangun, pompa asi dan ga bisa bobo lagi. Yg ada malah mules dan haus. Jadwal operasi jam 08.00 pagi. Berangkatlah jam 7 lewat ke RS, sampai sana menyelesaikan administrasi di pendaftaran rawat inap, dipakaiin gelang identitas lalu diminta ke poli gigi. Disini timbang berat badan dan tensi darah. Ternyata beratku langsung turun 2kg. Syok dan senang gitu deh ahahaha. Ya lumayan lah ya. Turun signifikan. Tensi darah hasil normal. Dari poli gigi ditemenin dan diantar ke kamar operasi untuk siap-siap, semua baju dilepas termasuk perhiasaan apapun. Semua barang titip sm suami. Nunggu diluar, diruang tunggu operasi gt deh. Didalam kamar operasi ada ruangan kayak pre-operasi gitu. Jd disitu dipasang infusan, alat tensi otomatis dipasang, alat deteksi jantung juga dipasang. Udah mulai ga enak nih muka, muka melas sm ketakutan (kalau diinget2 jd lucu juga)
Nunggu dokternya datang nih. Pasien sebelah kiri ternyata ibu hamil yang mau dioperasi caesar, di usg jantung dulu bayinya, jadinya dengerin jantung dedek bayi deh.
Trus dateng deh dokter anestesi, dia nyamperin saya trus nanya,
"hai mel kenapa nih?",
"cabut gigi bungsu dok"
" oh ya, baru pertama kesini ya?"
"Eh heeh dok. Kenapa dok?"
"Tegang ya? Tuh tensinya naik"
"loh masa?" "Iya tuh mba. Jd 150, padahal udah nyoba tenang ya mba?"
"Udah gapapa tenang aja ya"
Nah loh, jadi kepikiran kan. Tensi jd naik kan malah jd ga bagus toh. Oke coba atur nafas dan tenangin diri. Saat ini hanya bisa berdoa dan berusaha tenang lalu pasrahkan semua ke Allah SWT. Begitu terus. Sampai akhirnya dokter gigi spesialis bedah mulut nya dateng deh. Alhamdulillah akhirnya, berdoa dan bismillah, brankar mulai didorong masuk ke kamar operasi, disana aku liat-liat, diruang operasi yang dinginnya minta ampun, ac ada tiga nyala semua, bbbrrrr udh kayak di freezer aja. Lalu diminta pindah ke meja operasi yg ternyata kecil ya. Sebadan aku aja ngepas banget. Badan dipasang alat deteksi jantung, eh ternyata di kaki juga, mulai kedengeran bunyi khas alatnya. Tangan kiri yang ada infus dipegang sm perawat anestesinya, dia mulai bekerja, "nanti obatnya masuk tangannya sakit sedikit ya mba"
"....." Saya cuman bisa diam aja. Di atas kepala sudah duduk dokter anestesi yang lalu mulai naruh masker besar dengan selang ke hidungku, sambil ngomong "dihirup ya mba, bissmillah...."
Hirup pertama masih melek, tangan berasa sakit seperti ada beban besar, lalu hirup nafas kedua dan
Detik selanjutnya saya udah ga sadar.


"Mbak mel, mbak mell"
Saya mencoba melek, dan ternyata masih agak fly, pelan-pelan buka mata (jadi kayak disinetron atau film gitu, yang pelan-pelan si artisnya sadar diri 😋)
Sepertinya saya ada diruang RR (Recovery Room) post operasi. Eh ternyata sudah selesai operasinya, yang terasa sekarang mulut ada sumpelan kain besar, darah sepertinya masih terus keluar. Ga kerasa sakit sih atau belum ya? Ntahlah, yang pasti alhamdulillah sudah merasa lega, proses sudah terlewati.
Dari yg sudah diinfokan, sy akan dirawat semalam untuk observasi mungkin ya, lalu besok siangnya bisa pulang, selama proses rawat inap alhamdulillah ga terlalu pusing atau sakit ya. Malam juga alhamdulillah bisa bobo walau kebangun juga karena biasa inget nyusuin baby hehehe.
Besok siangnya sy udh boleh check out, suami datang langsung urus prosesnya. Katanya sih dicover semua, hanya bayar 9.500 aja buat alat kesehatan ntah apalah itu. Alhamdulillah proses cabut gigi bungsu sy lancar, saat ini masih pemulihan pasca pipi dan gusi bengkak dan bibir super kering.
Jadi buat kalian yang ada rencana cabut gigi, bisa loh gunakan bpjs kesehatannya, lumayan bisa dimanfaatkan.
See you on my next post ya! Bye!
😘

0 Komentar